Selasa, 13 Maret 2012

DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN PRODUK

Pada saat ini sektor pertanian memiliki peran yang penting sebagai salah satu penggerak perekonomian rakyat di Indonesia. Namun seiring perkembangannya petani hanya bertindak sebagai Produsen Penghasil sehingga nilai jual hasil pertanian tidak mengalami peningkatan sehingga kesejahteraan petani tidak mengalami perbaikan.

Dalam rangka meningkatkan nilai jual produk hasil pertanian, diharapakan para petani memiliki inovasi dan ketrampilan untuk melakukan DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN. Diversifikasi Pengolahan adalah suatu proses merubah bentuk, tampilan dan rasa untuk dijadikan produk baru guna meningkatkan nilai jual produk dimaksud. Berikut beberapa contoh diversifikasi yang bisa dilakukan oleh para petani;

1. Ketela Pohon ----------> Keripik Singkong Aneka Rasa
2. Kedelai  -------------> Susu Kedelai
3. Buah Melinjo ---------------> Emping Melinjo
4. Pisang -------------> Keripik Pisang
5. dll

Contoh Gambar Proses Diversifikasi;



Dengan kreatifitas seperi diatas diharapkan para petani bukan hanya sebagai produsen penghasil tetapi juga pengolah sehingga bisa meningkatkan nilai jual produk dimaksud.

Untuk meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan wirausahawan baru UPT Industri, Makanan, Minuman dan Kemasan memberikan fasilitas berupa nara sumber kepada Dinas Perindag Kabupaten/Kota untuk mengadakan semacam pelatihan "Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan Pengemasannya"

1 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

    BalasHapus